Kamis, 22 September 2016

Manfaat Bunga Lawang

Bunga lawang sering disebut juga pekak maupun anis. termasuk rempah yang mempunyai banyak manfaat, tanaman ini juga sering di jadikan sebagai bumbu masak di berbagai negara di Asia. bahkan bunga lawang di jadikan salah satu bumbu tradisional di Tiongkok, adapun bunga lawang ini dalam Bahasa Tionghoa adalah ba jiao atau batgok yang artinya delapan tanduk. hal ini sesuai dengan bentuknya yang memiliki delapan kelopak, akan tetapi ada juga yang mengatakan bahwa bunga lawang bukanlah bunga, melainkan buah yang tumbuh dari sebuah tanaman kecil.




Tinggi pohon ini bisa mencapai delapan delapan meter dan mempunyai bunga yang cantik berwarna kuning, bunga ini berkembang biak dengan melalui biji benih, di negara kita ini bunga lawang juga di gunakan sebagai bumbu yang mempunyai aroma khas, misalnya gulai Aceh, rendang Padang, masakan Jawa dan Bali, Selain menjadi bumbu masakan, bunga lawang juga memiliki khasiat bagi kesehatan.







Manfaat bunga lawang bagi kesehatan ialah membantu mengatasi gangguan pencernaan, Selain itu juga mempunyai fungsi diuretik atau melancarkan saluran kencing, Selain itu bunga lawang juga di jadikan pengobatan tradisional di Asia salah satunya untuk sakit sendi.




Bunga lawang juga sering di manfaatkan sebagai minuman atau jamu tradisional seperti minuman teh dan jamu. di antaranya adalah minuman teh khas Thailand yang merupakan campuran teh bubuk hitam dan bunga lawang. Ada lagi wedang pekak minuman khas daerah di indonesia yaitu di kabupaten Demak.







Teh dari bunga lawang juga bisa di jadikan sebagai obat batuk. Minyaknya juga bisa mengurangi gejala mual mual bagi ibu  yang sedang mengandung. Kandungan asam shikimat dalam bunga lawang membuat bunga lawang di manfaatkan oleh produsen herbal sebagai bahan utama untuk membuat obat anti flu burung, ada lagi yang meyakini herbal yang berbahan bunga lawang  ketika di buat teh dan di minum secara rutin dapat menurunkan berat badan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar